Tips Cara Membuat Website Sendiri

Tips Cara Membuat Website Sendiri

Tips Cara Membuat Website Sendiri ? Pernahkah anda berpikir untuk memiliki sebuah halaman website sendiri ? Jika memang iya, maka anda membaca artikel yang tepat. Mungkin anda pernah membaca, atau bahkan mendengar bahwa membuat website itu cukup sulit. Tapi kenyataanya membuat website tidaklah sesulit seperti yang anda bayangkan. Kenapa begitu ?

Sekarang ini sudah banyak orang yang mengembangkan teknologi CMS (Content Management System) yang dapat memudahkan anda untuk membuat website. Tanpa perlu melakukan coding dan hanya bermain dengan visual. Terdengar menarik ? Mari baca artikel ini sampai habis ! Setiap komponen-komponen yang terdiri dari teks, gambar, video, suara, animasi serta apapun itu yang bisa diakses melalui jalur internet, maka kita bisa sebut itu sebagai sebuah halaman website.

Jadi website itu bisa berisi apa saja. Bisa teks, gambar, video atau suara. Tentunya orang membuat website dengan berbagai macam motif, mulai dari sebagai sarana berbagi sampai dengan lahan untuk menghasilkan uang. Lalu motif apa yang mendorong anda ?

Kita kembali membicarakan soal CMS, ada 4 nama platform CMS yang cukup terkenal menurut saya yaitu Blogger, WordPress, Joomla, dan Prestashop. Jika dilihat dari fungsinya masing-masing, antara Blogger, Joomla, dan WordPress hampir memiliki fungsi yang sama yaitu membuat website dengan konten berupa halaman artikel.

Sedangkan prestashop adalah platform yang digunakan untuk membuat sebuah website toko online. Tapi jika dibandingkan dengan joomla, Blogger dan WordPress merupakan yang lebih populer dikarenakan  lebih mudah digunakan dan menyediakan versi gratis dengan subdomain dari masing-masing platform. Untuk permulaan saya akan coba memberitahu anda untuk membuat website secara gratis dengan menggunakan 2 platform yaitu Blogger dan WordPress.

Jadi dengan fasilitas yang gratis ini anda bisa belajar terlebih dahulu dalam menggunakannya. Perlu anda ketahui, dengan menggunakan versi gratis dari kedua platform ini maka nama domain atau alamat URL website anda nantinya akan berada di bagian subdomain. www.namabloganda.blogspot.com (Untuk Blogger) dan www.namabloganda.wordpress.com (Untuk WordPress).

Tapi anda tidak perlu khawatir dengan domain yang panjang ini, toh website ini anda gunakan sebagai sarana belajar bukan ? Jika nanti anda sudah serius dan mahir dalam menggunakannya anda juga bisa merubahnya menjadi ekstensi .com (www.namabloganda.com) seperti website saya ini.

Nantinya website dengan platform Blogger dan WordPress sering disebut dengan Blog. Kenapa begitu ? Karena nantinya konten web tersebut sebagian besar berupa artikel.

Tips Cara Membuat Website Sendiri

Cara Membuat Blog di Blogger

Blogger adalah platform CMS yang bermitra dengan Google dan sudah berdiri cukup lama. Maka dari itu, banyak sekali para webmaster yang menggunakan blogger dalam membuat website mereka. Saya sendiri memiliki sebuah blog yang menggunakan layanan dari blogger. Silahkan lihat DISINI

Banyak orang bilang bahwa blogger populer dikarenakan kebebasan yang diberikan. Anda bisa melakukan pengeditan penuh terhadap blog anda disana. Mulai dari script HTML, struktur  website dan lain-lain. Apakah anda tertarik ? Jika iya, anda bisa membuatnya dengan membaca panduan dari saya di Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.

Selain Blogger, WordPress juga bisa dibilang cukup populer dengan semakin meningkatnya pengguna setiap harinya. Tapi jika dibandingkan dengan blogger, wordpress masih sedikit kalah populer. Dibalik itu, WordPress merupakan platform yang mudah untuk digunakan. Seperti yang saya bilang di awal, bahwa anda tidak perlu melakukan coding, hanya tinggal klik dan memanfaatkan bantuan plugin maka anda dapat membuat sebuah blog yang keren.

Kebetulan blog ini juga dibuat dengan menggunakan platform WordPress. Jadi apakah anda tertarik ? Jika iya, silahkan baca panduan dari saya mengenai Cara Membuat Blog di WordPress, Nantinya setelah anda mahir dalam menggunakan salah satu platform tersebut anda bisa membeli sebuah domain dengan ekstensi .com . Dengan demikian, blog yang tadinya anda buat sebagai sarana belajar tersebut bisa menjadi sebuah brand sendiri.

Tapi sayangnya untuk WordPress, jika anda ingin merubah ekstensi domainnya menjadi .com maka anda diharuskan juga membeli hosting sendiri. Untuk langkah ini saya akan jelaskan di artikel selanjutnya, itupun jika ada yang tertarik untuk menanyakan hal itu. Sekarang ini, coba saja ikuti langkah saya di atas terlebih dahulu. Saya rasa artikel Tips Cara Membuat Website Sendiri cukup sampai disni dahulu. Semoga bermanfaat !

Author: asligueq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *